Dalam pelaksanaan pekerjaan lapis perkerasan komposit, terutama pada pembangunan jalan baru perlu dianalisa dan diteliti dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam mendisain sehingga terjadi pemborosan biaya dan kerusakan pada konstruksi itu sendiri. Analisa penentuan tebal lapisan perkerasan pada "Tinjauan Perencanaan Perkerasan Komposit Jalan Raya (Studi Kasus Penambahan Lajur Jalan To…
Jalan Soleh Iskandar pertama kali dibangun pada tahun 1989 dengan LHR 13381 kendaraan dan pada saat itu direncanakan dibangun badan jalan dengan lebar 20 meter yang terdiri dari 2 jalur dan 4 lajur, namun pelaksanaan pembangunannya pada tahun 1997 terhenti dikarenakan tidak ada dana pelaksanaan dan badan jalan yang selesai dibangun hanya 7 meter (1 jalur dan 2 lajur). Rencana semula akan dibang…
Dalam pelaksanaan pekerjaan lapis perkerasan lentur, terutama pada pembangunan jalan baru untuk menentukan tebal perkerasannya perlu di analisis dengan baik dan teliti agar tidak terjadi over design sehingga pemborosan biaya konstruksi bisa dihindari. Analisis penentuan tebal perkerasan pada "Pembangunan Jalan Raya Cimanggis Margonda Paket A" menggunakan beberapa parameter tertentu seperti d…
Geometrik jalan merupakan bangunan badan jalan di atas permukaan tanah baik secara vertikal maupun horizontal dengan asumsi bahwa permukaan tanah itu tidak rata. Perencanaan geometrik jalan adalah untuk menghasilkan infrastruktur jalan yang aman dan nyaman kepada pemakai jalan. Peraturan Bina Marga merupakan salah satu acuan untuk melakukan perencanaan geometrik jalan yang berlaku di Indonesia.…