Text
Hubungan Antara Lebar Median, Lebar Efektif Jalan Dan Tingkat Kecelakaan Studi Kasus Ruas Jalan Tol Cikampek
Pada umumnya kejadian kecelakaan lalu lintas tidak dapat diprediksi sejak dini, namun perlu kiranya semua pihak mengantisipasi guna mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan tersebut. Jalan tol di tanah air tanpa disadari kini telah benar-benar menjadi salah satu kawasan rawan kematian setiap harinya.
Dari hasil studi yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa faktor penyebab kecelakaan di jalan tol Cikampek dibagi menjadi 3 faktor, antara lain faktor pengemudi, kendaraan dan lingkungan. Jumlah kecelakaan di jalan tol Cikampek sepanjang tahun 2003 terjadi 784 kasus kecelakaan, Data kecelakaan yang terjadi pada segmen 1 (lebar efektif jalan kecil), segmen 2 (lebar efektif jalan sedang) dan segmen 3 (lebar efektif jalan besar) dibagi menjadi beberapa STA
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa, tingkat kecelakaan yang menyebabkan jatuh korban meninggal dunia, luka berat dan luka ringan sepanjang tahun 2003 paling besar terjadi pada segmen 1 yaitu lebar efektif jalan kecil (2 Lajur x 3.60 m) x 2 Jalur dan pada median besar (10.00 m), dan kecelakaan tersebut sebagian besar disebabkan oleh faktor manusia, sedangkan tingkat kecelakaan yang terjadi dipengaruhi oleh jenis median dan lebar efektif jalan.
B53 1510 2004 | 080 TEU h 2004 | Rak Skripsi (11 F) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain