Text
Pendekatan Manajemen Lalu Lintas Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas (Studi Kasus: Persimpangan Pomad, Jl. Raya Jakarta-Bogor Km.52)
Tugas Akhir ini, berisi mengenai pemecahan-pemecahan masalah kemacetan lalu lintas yang terjadi di persimpangan Pomad Bogor dengan cara pendekatan Manajemen Lalu-Lintas.
Perlunya pemecahan masalah kemacetan di persimpangan ini mengingat bahwa simpang Pomad ini merupakan salah satu koridor utama yang menghubungkan wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor dengan wilayah Kota Depok dan DKI Jakarta. Di mana persimpangan ini mempunyai tingkat kepadatan lalu-lintas yang cukup tinggi terlihat dengan kemacetan yang panjang di setiap lengan-lengan simpang pada waktu jam-jam puncak
Mengetahui kinerja persimpangan Pomad saat ini, maka dilakukan survey lalu lintas langsung di lokasi simpang. Metode survey dilakukan dengan cara metode manual gerakan membelok yang terklasifikasi (Classified Turning Movement Count) dengan menggunakan alat hitung tangan (Handy Counter) selama 4 hari. Hasil survey lalu-lintas tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJ1,1997) untuk simpang tak bersinyal Hasilnya menunjukkan kinerja simpang Pomad sudah tidak baik lagi, dimana nilai derajut kejenuhannya (DS) sudah melebihi nilai standar yang diijinkan, yaitu 0,8 09 pada suatu simpang Nilai DS pada jam puncak Pagi - 1,692, jam puncak Siang 1,336 dan jam puncak Sore 1,810
Berdasarkan hasil analisa kinerja simpang Pomad di atas, maka diperlukan perbaikan kinerja simpang dengan alternatif-alternatif pemecahan menggunakan pendekatan Manajemen Lalu-Lintas
5 (lima) alternatif pemecahan diberikan dalam Tugas Akhir ini untuk mengatasi kemacetan lalu-lintas di persimpangan Pomad dengan analisa perhitungan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKH 1997) Dari kelima alternatif tersebut dipilih alternatif kelima yaitu perubahan sistern pengendalian simpang menjadi Simpang Betsinyal yang disertai dengan perbaikkan desain geometrik simpang dan pelebaran dimensi simpang, yang menghasilkan kinerja simpang yang terbaik Baik kondisi lalu-lintas saat ini maupun kondisi lalu-lin
B53 1205 2005 | 080 RAN p 2005 | Rak Skripsi (11 E) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain