PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Kajian Kelayakan Sub Terminal Curug RangkasBitung

Cahyadi Indraguna/ 053197063 - Nama Orang;

Kabupaten Lebak secara administratif berada di wilayah propinsi Banten dengan Ibukota Kabupaten yang terletak di wilayah Kecamatan Rangkasbitung dan Cibadak, dengan fungsi utama sebagai pusat pengembangan atau pertumbuhan utama di Kabupaten Lebak dan pusat perdagangan keluar masuk wilayah Kabupaten Lebak dengan skala pelayanan regional.

Saat ini di Ibukota Kabupaten Lebak terdapat 2 terminal yaitu Terminal Bis/ Non Bis (Mandala) dan Terminal Rangkasbitung (Kalijaga) atau terminal kota. Panjang jalan di wilayah Ibukota Kabupaten Lebak tahun 2004 tercatat 325.70 km yang terdiri dari jalan aspal sepanjang 128.10 km. jalan batu sepanjang 104.10 km, dan jalan tanah 93.50 km. Sedangkan data jumlah kendaraan umum yang memadatkan jalan di Ibukota Kabupaten Lebak tercatat 1643 MPU (mobil penumpang umum) yang terdiri dari 1520 AK (antar kota), 47 AKDP (antar kota dalam propinsi), 76 AKAP (antar kota antar propinsi).

Terminal sebagai tempat pemberhentian akhir kendaraan, titik simpul lalu lintas dan perpindahan moda angkutan harus terletak pada lokasi yang tepat sesuai perencanaan dan persyaratan yang telah ditentukan baik secara nasional maupun oleh Pemerintah Daerah dengan fasilitas terminal sesuai persyaratan dari tipe terminal yang dibangun

Sub Terminal Curug merupakan terminal yang dibangun sebagai pemecahan masalah kemacetan yang terjadi didalam kota dengan pelaksanaan pembangunan bertahap selama tiga (3) tahun dengan rencana pengoperasian terminal pada tahun 2007. Sub terminal curug ini nantinya akan difungsikan untuk melayani rute angkutan dalam kota dan dari luar kota rangkasbitung yang menghubungkan ruas jalan dengan akses arah ke Cipanas dan/atau arah Bogor.

evaluasi terhada terminal dilakukan untuk menganalisa kelayakan Sub. Terminal

Curug rangkasbitung dari segi peraturan-peraturan dan / atau ketetapan yang ada,

evaluasi pelayanan terminal yang dihubungkan dengan kondisi saat ini dan

perkiraan 10 tahun kedepan dengan perhitungan model regresi. Berdasarkan hasil pengkajian ternyata Sub Terminal Curug pada saat ini dapat dikatakan layak ditinjau dari KepMenPerhub No. 31/1995 dan DitJenHubDat 1996. Berdasarkan hasil regresi dapat dikatakan bahwa faktor penentu kelayakan sub terminal Curug Rangkasbitung dengan variabel bebas XI dan X2 (jumlah kendaraan dan jumlah penumpang) mempunyai pengruh nilai kelayakan sebesar 27.3 %. Sisanya diterangkan oleh variable lain sebesar 72.7%.

Kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan kuesioner dengan indikator kelayakan terminal didapatkan Nilai R square atau koefisien determinasi adalah 0,776 (berasal dari 0,881^ * 0,881) .Berarti dapat dikatakan bahwa faktor penentu kelayakan sub terminal Curug Rangkasbitung dengan variabel bebas (X04 pertumbuhan penduduk, 06 bangkitan lalu lintas, 08 lokasi, 03 perekonomian masyarakat) mempunyai pengaruh nilai kelayakan sebesar 77.6\% Sisanya diterangkan oleh variable lain sebesar 22.4%.

Berdasarkan perhitungan diperoleh kapasitas total untuk jalan perkotaan adalah C = 1930 dengan derajat kejenuhan Q SMP /C=93/1930=0.048 (sangat kecil/ tanpa hambatan), harga Q SUtp diambil dari volume arus total lalu lintas maksimal. Dari hasil DS maka dapat disimpulkan bahwa jalan Raya bogor Km.6 Desa Curug Kecamatan Rangkasbitung yang merupakan akses jalan ke Sub Terminal Curug diklasifikasikan kedalam tingkat pelayanan A.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 D) 080 CAH k 2006
B53 1109 2006
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 CAH k 2006
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universtas Pakuan., 2006
Deskripsi Fisik
vi, 162 hlm.; ills.; tabl.; bibl.; lamp.; 30 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Fasilitas Terminal
Operasional Terminal
Kapasitas Jumlah Penumpang
Kapasitas jumlah Kendaraan
Analisa Korelasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Budi Arief, Ir./ Budiono, Ir., MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?