Text
Kajian Prediksi Jumlah Penumpang Kereta Api Untuk Meningkatkan Pelayanan Penumpang
Transportasi merupakan sarana penting untuk mencapai tempat tujuan Salah satu contoh alat transportasi darat adalah kereta api yang merupakan salah satu pilihan yang banyak dipergunakan masyarakat karena merupakan kendaraan alternatif yang sesuai dengan kota-kota besar khususnya wilayah Jabotabek
Untuk kondisi saat ini jumlah penumpang Kereta Api semakin meningkat. khususnya rute Jakarta Bogor terutama pada jam-jam sibuk (6.30-7.30 pagi dan 17.30-18.30 sore) Data jumlah penumpang yang diperoleh tahun 1998 2001 dari
PT Kereta Api Indonesiang digunakan untuk membahas dan memprediksikan
jumlah penumpang untuk tahun 2002-2006 dengan mempergunakan tiga metode
trend trend Parabola, trend Semi Logaritma, dan trend Eksponensial
Hasil pengolahan data dengan tiga metode trend didapat nilai prediksi penumpang terbesar pada tahun 2006, dihasilkan dari perhitungan metode Trend Semi Logaritma sebesar 114.599.588 penumpang perhari dan mengalami penambahan frekuensi KRL sebesar 281. Penambahan frekuensi ini tidak dapat direalisasikan. Maka bentuk peningkatan pelayanan dapat berupa penambahan sarana dan prasarana kereta api Dianjurkan agar penambahan frekuensi kereta api untuk menanggulangi lonjakan jam-jam sibuk.
B53 1099 2003 | 080 REN k 2003 | Rak Skripsi (11 D) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain