Text
Pengaruh Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan KH. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi)
Kerusakan jalan saat ini menjadi suatu masalah yang kontroversial dimana satu pihak menyatakan kerusakan dini pada perkerasan jalan disebabkan karena jalan di desain dengan tingkat kualitas dibawah standar dan pihak lain menyatakan kerusakan jalan disebabkan karena terdapatnya kendaraan dengan muatan berlebih (overloading) yang terjadi pada kendaraan berat.
Metode pembahasan yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah studi literatur yaitu dengan menggunakan Metode Analisis Komponen/Bina Marga dengan mengumpulkan data-data yang berkaitan serta keterangan yang diperoleh melalui instansi-instansi terkait seperti Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Bina Marga Kota Sukabumi.
Analisis kerusakan perkerasan jalan yang ada di ruas jalan K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi adalah kerusakan lubang (photoles) dengan kerusakan lapisan sebesar 60%, truk yang melewati jalan tersebut adalah dengan MST (muatan sumbu terberat) 50 ton. Melalui analisis nilai pertumbuhan lalu lintas (i) pada LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata) didapat (i) sebesar 2% untuk umur rencana 5 tahun kemudian dilakukan analisa untuk kelas jalan, dan ruas jalan K.H. Ahmad Sanusi Kota Sukabumi dikategorikan sebagai jalan kelas I (arteri primer). Hasil analisa perencanaan ulang pada tahun 2013, didapat tebal lapisan perkerasan tambahan sebesar 5,5 cm, dengan penambahan tebal lapisan perkerasan baru maka lapisan permukaan perkerasan akhir adalah sebesar 15,5 cm.
B53 1129 2013 | 080 GER p 2013 | Rak Skripsi (11 E) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain