Text
Peranan Tertib Pemeliharaan Dan Pemanfaatan Terhadap Umur Jalan Fleksibel (Studi Kasus Jalan Raya H. Sileh Iskandar Kota Bogor)
Jalan Soleh Iskandar pertama kali dibangun pada tahun 1989 dengan LHR 13381 kendaraan dan pada saat itu direncanakan dibangun badan jalan dengan lebar 20 meter yang terdiri dari 2 jalur dan 4 lajur, namun pelaksanaan pembangunannya pada tahun 1997 terhenti dikarenakan tidak ada dana pelaksanaan dan badan jalan yang selesai dibangun hanya 7 meter (1 jalur dan 2 lajur). Rencana semula akan dibangun lebar jalan 20 m, untuk melayani volume lalu lintas sebanyak 13381 kendaraan pada tahun 1989, dan dapat melayanivolume lalu lintas sebanyak 23963 kendaraan pada tahun 1999 (LHRpredik), namun kenyataan yang terjadi sekarang ini adalah ruas jalan yang hanya memiliki lebar badan jalan sebesar 7 m harus melayani volume lalu lintas kendaraan sebanyak 29117 pada tahun 1999 (LHReining), dan pada tahun 2004 LHR meningkat menjadi 40704 kendaraan, hal ini menyebabkan kemampuan masa pelayanan jalan atau umur rencana jalan menurun sangat cepat. Pemeliharaan terhadap kelancaran pembuangan air, baik air dipermukaan maupun air di dalam badan jalan harus diutamakan, ketika dilakukan survei lapangan oleh penulis pada jalan Soleh Iskandar, pada dua sisi jalan tidak terdapat saluran drainase yang memadai untuk tempat limpasan air ketika hujan turun, oleh sebab itu setelah hujan berhenti masih sering dijumpai genangan-genangan air di permukan jalan.
Terdapat 2 cara yang terdapat didalam metode Bina Marga dalam melakukan pemeliharaan jalan, yaitu dengan melakukan pemeliharaan rutin (koreksi) dan pemeliharaan berkala (proteksi). Pemeliharaan rutin diterapkan pada perkerasan beraspal yang sudah mengalami kerusakan dengan derajat keparahan berat tapi dengan derajat penyebaran setempat, antara lain lubang, amblas, gelombang, retak buaya, jembulan. Pemeliharaan berkala memiliki maksud agar setiap bagian jalan dapat dilindungi dari pengaruh-pengaruh luar yang bukan bersumber dari beban lalu lintas, sehingga penurunan kemampuan pelayananannya dapat mengikuti atau mendekati garis kecenderungan yang telah diperhitungkan.
B53 1144 2005 | 080 FIR p 2005 | Rak Skripsi (11 D) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain