PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisa Tarif Mobil Penumpang Ditinjau Dari Kenaikan Biaya Operasi Kendaraan (Studi Kasus: Mobil Penumpang Umum Kota Sukabumi)

Ginanjar Riksa Purwana/ 053198052 - Nama Orang;

Seiring dengan pertumbuhan permintaan (demand) transportasi unnik mendukung kegiatan masyarakat, jumlah kendaraan angkutan kota semakin bertambah. Tetapi pertumbuhan tersebut tidak diikuti dengan sistem pelayanan dan kebijakan pemerintah yang memadai. Tujuan dan sarana angkutan umum adalah menyelenggarakan pelayanan jasa transportasi yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat secara cepat, tepat, aman, nyaman, teratur serta tarif yang terjangkau. Namun tujuan tersebut sulit tercapai karena pelayanan operator kendaraan angkutan kota dibatasi oleh biaya operasional kendaraan yang tinggi. Dengan adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan januari 2003, pemerintah menaikan tarif angkutan umum. Namun kenaikan tersebut sangat membebani masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan. Secara umum kenaikan tersebut harus proposional sehingga ditemukan keseimbangan antara biaya operasional dengan pendapatan yang didapat dari besaran tarif ongkos dan jumlah penumpang yang terlayani.

Penelitian ini mencoba untuk mengevaluasi tarif angkutan kota dengan t melakukan analisis biaya operasi kendaraan angkutan kota

Untuk mendapatkan data biaya operasi kendaraan, dan fluktuasi jumlah penumpang dilakukan metode survai secara acak sederhana (Simple Random Sample) terhadap empat trayek angkutan kota yang ada di kota Sukabumi. Data sekunder diperoleh dan sub Dinas Lalu-lintas Angkutan Jalan ( DLLAJ) dan Departemen Perhubungan Sukabumi.

Berdasarkan analisis data terhadap ke empat trayek di dapat tarif optimum atau BOK/km tiap penumpang terendah adalah Rp 48,94 (Eoad Factor -0,84) pada trayek Bluyangkara-RSU. Tarif penumpang per kilometer tertinggi adalah Rp 64,93 (Load Factor 0,54) pada trayek Selabintana-yogya. Apabila biaya operasi kendaraan tinggi dengan load factor rendah, maka biaya/ tarif yang harus diterapkan kepada pengguna angkutan menjadi tinggi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 D) 080 GIN a 2005
B53 1133 2005
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 GIN a 2005
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan.., 2005
Deskripsi Fisik
xii, 179 hlm.; ills.; tabl.; bibl.; lamp.; 30 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Peranan Angkutan Umum
Sistem Pembentukan Tarif Jasa Transportasi
Struktur Biaya
Data Biaya operasi Kendaraan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Budi Arief, Ir./ Andi Rahmah, ST., MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?