Text
Hasil Perencanaan jalan Ence Soemantadiredja Dari Warung Pari - Tanjakan Barat
Dalam rencana strategis Pemerintah Kota Bogor untuk mengatasi kemacetan lalu lintas khususnya di jalan Ence Soemantadiredja, Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bogor mengadakan peningkatan jalan Ence Soemantadiredja dari Warung Pari sampai dengan Tanjakan Barat, sepanjang 2,167 km dengan kegiatan pekerjaan pelebaran badan jalan untuk dua lajur dan pekerjaan perkerasan kaku (rigid pavement). Maksud dilakukannya penulisan ini adalah untuk mengevaluasi perencanaan jalan Ence Soemantadiredja yang telah direncanakan oleh CV.Gubah Cipta sana. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk merencanakan geometrik atau menentukan jenis tikungan yang cocok dengan kondisi medan yang ada, serta menganalisis tebal perkerasan kaku dengan metode NAASRA (National Association of Australia State Road Authorities) untuk mendapatkan susunan tebal perkerasan. Sedangkan tujuan dari proyek ini adalah: Dapat memperlancar arus lalu lintas yang akan menuju kota Bogor maupun sebaliknya, dapat mengurangi kepadatan kendaraan di jalan yang disebabkan konsentrasi kendaraan pada satu titik kemacetan, dapat menampung jalur penataan trayek angkutan umum yang akan melayani ke wilayah tersebut.
Perencanaan jalan yang akan dibangun sesuai karakteristik jalan, keadaan tanah, dan data-data lain yang telah diperoleh di lapangan. Merancang geometrik jalan yang terdiri dari alinemen horizontal dan alinemen vertikal, konstruksi jalan perkerasan kaku. Dalam perencanaan jalan Ence Soemantadiredja dilakukan beberapa survei sebagai dasar perencanaan, diantaranya di lakukan survei topografi, survei lalu lintas, survei geoteknik dan survei hidrologi. Perhitungan lapisan perkerasan kaku dengan menggunakan metode NAASRA.
Hasil analisis V/C Ratio jalan Ence Soemantadiredja Tahun 2009 sebesar 1,16, berdasarkan karakteristik tingkat pelayanan, masuk dalam katagori F. Konsultan perencana merencanakan pelebaran jalan menjadi 5,5 m dengan V/C Ratio sebesar 0,44 artinya masuk katagori tingkat pelayanannya C yaitu arus stabil tapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan, sedangkan dari hasil evaluasi/analisis memerlukan pelebaran jalan 3,0 m dari kondisi eksisting 4,0 m menjadi 7,0 m, setelah dilakukan pelebaran V/C Ratio menjadi 0,23 artinya masuk dalam katagori tingkat pelayanan B. Klasifikasi medan jalan Ence Soemantadiredja datar dan landai, dengan jarak pandang henti (Jh) = 75 m, jarak pandang mendahului (Jd) = 350 m, 5 jenis tikungan Spiral-Spiral (S-S) dan 1 jenis tikungan Full-Circle (F-C), sedangkan tebal perkerasan kaku (rigid) hasil analisis konsultan dengan umur rencana 15 Tahun didapat tebal perkerasan kaku (Rigid) = 200 mm dengan mutu beton K-350 sedangkan hasil analisis penulis dengan umur rencana 15 Tahun didapat tebal perkerasan Rigid = 210 mm dengan mutu beton K-350.
B53 1055 2010 | 080 AYI h 2010 | Rak Skripsi (11 C) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain