PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Muatan Sumbu Terberat (MST) Terhadap Konstruksi Perkerasan Jalan Berdasarkan Metode Analisa Komponen (Studi Kasus: Ruas Jalan Siliwangi, Kabupaten - Sukabumi)

M. Rizmi Alkansa/053108004 - Nama Orang;

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam sektor transportasi, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah memantapkan kondisi prasarana jalan. Kerusakan jalan lebih cepat dari umur rencana, hal ini terjadi karena kendaraan yang melintas melebihi Muatan Sumbu Terberat (MST) yang telah ditentukan.

Setiap kendaraan dengan berat tertentu yang melintas, akan memberikan kontribusi terhadap perusakan jalan. Kerusakan jalan yang diakibatkan oleh kendaraan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kendaraan bermuatan normal dan kendaraan bermuatan berlebih. Kendaraan yang dominan menyebabkan kerusakan pada ruas jalan Siliwangi adalah kendaraan dengan muatan > 8 Ton, sedangkan untuk jalan Siliwangi sendiri MST yang diizinkan adalah ≤8 Ton.

Perusakan jalan oleh kendaraan dihitung dalam bentuk suatu faktor yang disebut faktor perusakan jalan (Vehicle Damage Factror). Untuk menghitung faktor perusakan jalan perlu diperoleh tentang gambaran berat sumbu kendaraan dan konfigurasi sumbu kendaraan yang ada. Dengan adanya faktor perusakan jalan hasil perhitungan yang baru selanjutnya dalam tahap perencanaan dapat dihitung kebutuhan kontruksi jalan yang diperlukan.

Dari hasil analisa didapat umur perkerasan yang seharusnya 5 tahun pada awal perencanaan menjadi lebih kecil yaitu hanya 1 tahun. Dengan lebih pendeknya umur perkerasan jalan Siliwangi maka diperlukan tambahan tebal lapisan sebesar 6 cm.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 C) 080 RIZ p 2016
B53 1026 2016
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 RIZ p 2016
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan., 2016
Deskripsi Fisik
xiii, V-4 hlm.; ills.; tabl.; ref.; lamp.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Muatan Sumbu Terberat (MST)
Konfigurasi Sumbu Kendaraan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ir. Arif Mudianto, MT./Ir. Puji Wiranto MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?