Text
Analisa Finansial Biaya Operasi Kendaraan Dengan Metode PCI ( Pacific Consultant International) Pada Jalan Lingkar Ruas bogor-Cibinong
Selama ini terdapat beberapa fenomena yang terus berkembang dan mempengaruhi pelaksanaan Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RTRW) Kota Bogor, di antaranya adanya perkembangan wilayah Kota Bogor yang berlangsung sangat dinamis. Kondisi yang sangat dinamis ita mendorong Kota Bogor kini telah berubah wajah menjadi sebuah kota besar, akibat perkembangan yang sangat dinamis itu, dari tahun ke tahun kebutuhan terhadap lahan dengan berbagai peruntukannya terus bertambah, seiring meningkatnya kehidupan sosial ekonomi di Kota Bogor dengan arus urbanisasinya yang juga terus mengalir. Ditegaskannyn. partisipasi kini menjadi hal yang sangat penting dalam perencanaan tata ruang seiring dengan paradigma baru pembangunan yang menuntut terjadinya good governance yang pada dasarnya mengedepankan. masyarakat melalui prinsip demokrasi, akuntabilitas, transparasi dan partisipasi.
Dari tugas akhir ini adalah agar dapat menentukan Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) Jalan Raya Bogorjalan arteri, Biaya Operasi Kendaraan (BOK) jalan arteri dan jalan lingkar, selisih Besar Keuntungan Biaya Operasi Kendaraan (BKBOK) dari jalan arteri dan jalan lingkar, serta analisa nilai NPV (Net Present Value), BCR (Benefit Cost Ratio) berdasarkan BKBOK.
Penentuan tingkat pelayanan dilakukan dengan survey traffic counting seangkan untuk penentuan analisa waktu perjalanan dilakukan survey car following method
Rumusan Biaya Operasi Kendaraan dengan menggunakan metode PCI (Pacific Consultant International). Dari hasil perhitungan didapat nilai BKBOK untuk gol I, Gol IIA dan Gol IIB sebesar Rp 4.100 km/kend/hari, Rp 900. /km/kend/hari dan Rp 1.050 /km/kend/hari. Adapun hasil perhitungan kelayakan finansial untuk nilai BCR (Benefit Cost Ratio) 1,655, 1,833 dan 1,750. Nilai NPV (Net Present Value) sebesar Rp57.445.148, Rp15.132.660, Rp 15.721.719. Dari hasil yang didapat pengguna jalan diuntungkan apabila pada waktu jam puncak antara pukul 06.00-08.00 WIB, 11.00-13.00 WIB dan 17.00 19.00 WIB dengan menggunakan alternatif jalan lingkar dilihat dari segi finansial dan waktu tempuh perjalanan
B53 1001 2007 | 080 IQB a 2007 | Rak Skripsi (11 B) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain