PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Studi Pengaruh Bebas Berlebih (Overload) Terhadap Berkurangnya Umur Rencana Pelayanan Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Cisarua - Cikopo Selatan, Kab. Bogor)

Yusep Darmawan/053109029 - Nama Orang;

Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting dalam memperlancar kegiatan hubungan ekonomi dan kegiatan sosial lainnya. Namun jika terjadi kerusakan jalan akan berakibat bukan hanya terhalangnya kegiatan ekonomi dan sosial lainnya namun dapat terjadi kecelakaan bagi pemakai jalan. Adapun tujuan dari Penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh beban berlebih (overload) terhadap umur pelayanan jalan, sehingga pengurangan umur pelayanan jalan akibat beban berlebih (overload) dapat diketahui. Beban Kendaraan yang berlebih merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kerusakan jalan. Jumlah kendaraan yang semakin bertambah dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif pendek.

Dari hasil analisa dengan menggunakan Metode Bina Marga,Umur Rencana perkerasan jalan pada ruas jalan Cisarua - Cikopo Selatan Kabupaten Bogor Sta. 0+500 - Sta 3+400 dengan existing perkerasan jalan yang ada, didapat bahwa untuk umur rencana perkerasan jalan dengan kategori beban kendaraan yang melintas dengan muatan normal maka pelayanan jalan hanya mampu bertahan selama 3 tahun, sedangkan untuk kategori kendaraan yang melintas dengan beban muatan berlebih (over load) hanya mampu bertahan selama 1 tahun.

Sedangkan untuk hasil analisa perhitungan perencanaan jalan dengan Umur Rencana 5 tahun, maka didapat tebal perkerasan jalan existing dengan beban kendaraan bermuatan normal diperlukan penambahan lapisan aspal beton (Laston) sebesar 2 cm sedangkan tebal Laston untuk beban kendaraan bermuatan berlebih dibutuhkan penambahan lapisan 4 cm. adapun komposisi struktur material perkerasan jalan existing, terdiri dari,Laston (MS.744) = 3 cm, Lapen Manual = 4 cm, Lapis Pondasi Agregat (Kelas A) = 15 cm dan LPB (Kelas B) = 15 cm dengan CBR Tanah Dasar (Sub Grade) = 5%.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 B) 080 YUS s 2016
B53 990 2016
Tersedia
#
Rak Skripsi (11 C) 080 YUS s 2016
B53 990 2016.c1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 YUS s 2016
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan., 2016
Deskripsi Fisik
vii, V-2 hlm.; ills.; tabl.; ref.; lamp.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Overlay
Overload
Payload
Damage Factor
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ir. Puji Wiranto, MT./Ir. Arif Mudianto, MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?