PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Jalan (Studi Kasus Jalan Mayor Oking Jaya Atmaja Kabupaten Bogor)

Hasan Bhakti/053107041 - Nama Orang;

Pada umumnya perkerasan jalan raya akan mengalami penurunan fungsi strukturalnya sesuai dengan bertambahnya umur, terlebih lagi jika dilewati oleh kendaraan dengan muatan yang cenderung berlebih. Jalan raya saat ini sering mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif singkat (kerusakan dini). Kerusakan jalan saat ini menjadi suatu masalah yang pelik dimana satu pihak mengatakan kerusakan pada perkerasan jalan disebabkan karena jalan didesain dengan tingkat kualitas dibawah standar dan dipihak lain menyatakan kerusakan perkerasan jalan disebabkan dengan adanya beberapa kendaraan dengan muatan berlebih yang biasanya terjadi pada kendaraan-kendaraan berat. Dampak nyata ini yang terjadi pada ruas jalan Mayor Oking Jaya Atmaja Kabupaten Bogor dimana muatan berlebih adalah penyebab kerusakan perkerasan jalan sebelum periode/umur teknis rencana tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung ulang tebal perkerasan jalan dengan melihat keadaan lalu lintas yang ada pada jalan tersebut, sehingga kerusakan perkerasan jalan dan besarnya pengaruh kelebihan beban kendaraan terhadap umur rencana jalan dapat diketahui. Dari data survey terlihat bahwa kendaraan-kendaraan berat seperti truk trailer yang melewati jalan tersebut memiliki volume yang sangat tinggi. Truk trailer memiliki Muatan Sumbu Terberat (MST) 40 ton yang melintasi jalan Mayor Oking Jaya Atmaja Kabupaten Bogor volumenya cukup tinggi yaitu sebesar 51 kendaraan/hari dan Truk Semi Trailer sebanyak 87 kendaraan/hari, sedangkan kondisi perkerasan eksisting pada saat ini dirasa kurang memadai dengan kenyataan yang ada dilapangan yang menggunakan perkerasan lentur. Dari hasil analisa perencanaan ulang dengan menggunakan perkerasan kaku, didapat tebal lapisan perkerasan sebesar 30 cm.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 B) 080 HAS p 2016
B53 989 2016
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 HAS p 2016
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan., 2016
Deskripsi Fisik
xii, V-2hlm.; ills.; tabl.; ref.; lamp.; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Umur Rencana Jalan
Muatan Sumbu Terberat (MST)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Ir. Arif Mudianto, MT./Ir. Puji Wiranto MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?