Text
Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan kabupaten/Kota (Sudi Kasus : Jalan Akses Komplek Puri Pamulang) Kota Tangerang Selatan
Dalam merencanakan jalan yang menyangkut kehidupan orang banyak harus diperhatikan syarat-syarat dan peraturan-peraturan yang berlaku, agar perencanaan jalan raya dapat memberikan dampak perjalanan yang memadai bagi pemakai jalan, dalam arti dapat terpenuhinya azas kenyamanan, keamanan dan kelancaran. Masalah yang sering dihadapi dalam transportasi angkutan darat adalah banyaknya sarana transportasi mulai dari becak, sepeda motor, mobil sampai dengan truk besar yang mempunyai berat berton-ton. Satu hal yang menjadi perhatian bahwa kondisi sarana dan prasarana jalan Komplek Puri Pamulang Mas Kota Tangerang Selatan yang ada sekarang tidak memadai karena jalan terlalu sempit sedangkan jalan tersebut merupakan akses jalan alternatif dari Pamulang yang sering dilalui untuk sampai ke Bumi Serpong Damai, untuk mengatasi hal tersebut maka Pemerintah Kota Tangerang Selatan merencanakan pembangunan ruas jalan Puri Pamulang Mas dengan perkerasan kaku (Rigid Pavement). Perkerasan kaku dipilih karena kondisi daerah Tangerang yang merupakan daerah industri sehingga banyak kendaraan berat yang melewati jalan tersebut dan daerah tersebut sering terjadi banjir bila hujan turun maka diperlukan perkerasan jalan yang kuat untuk mempermudah kegiatan yang ada di daerah tersebut. Dari hasil perhitungan didapat tebal pelat 15 cm dengan total fatigue 22,6723 %, tebal pelat 18 cm dengan total fatigue 313,2906 % dan tebal pelat 20 cm dengan total fatigue 14,0981 %. Terlihat bahwa tebal pelat 15 cm dan 20 cm masuk kedalan kriteria perencanaan karena total fatigue kurang dari 100% dan tebal pelat 18 cm tidak masuk kriteria perencanaan karena total fatigue lebih dari 100%. Tetapi, agar lebih aman maka diambil tebal pelat 20 cm. Tulangan melintang yang dipakai ukuran diameter 12 mm dengan jarak 125 mm dan tulangan dowel ukuran diameter 25 mm, panjang 450 mm dan jarak 250 mm.
B53 953 2015 | 080 FIT p 2015 | Rak Skripsi (11 B) | Tersedia |
B53 953 2015.c1 | 080 FIT p 2015 | Rak Skripsi (11 B) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain