Text
Pengaruh Parkir Di Badan Jalan (On-Street Parking) Terhadap Kinerja Jalan ( Studi Kasus Ruas Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor-Simpang Gg. Aut)
Parkir di jalan (on street parking) merupakan sistem parkir yang diterapkan di Jalan Surya Kencana Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parkir di jalan (on street parking), besarnya penurunan tingkat kinerja jalan akibat kegiatan on street parking dan solusi alternatif yang tepat untuk sistem parkir. Teknik analisis data menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKII 1997) dengan variabel penelitiannya yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus bebas kendaraan, kapasitas jalan, dan derajat kejenuhan (V/C ratio).
Berdasarkan hasil penelitian bahwa, (1) Parkir di badan jalan (on street parking) di segmen Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor - Simpang Gg. Aut mempengaruhi derajat kejenuhan atau V/C ratio pada jalan tersebut, dari angka dari angka 0,7 tanpa on street parking menjadi 0,9 dengan on street parking, (2) Akibat on street parking di Jalan Surya Kencana Simpang Pasar Bogor - Simpang Gg. Aut terjadi penurunan kinerja jalan yang berupa penurunan kapasitas jalan dari 3243,24 smp/jam tanpa on street parking menjadi 2762,76 smp/jam saat terjadi on street parking. (3) Solusi alternatif yaitu menghilangkan/meniadakan on street parking dan disediakan gedung Parkir yang memadai disekitar di jalan Simpang Pasar Bogor - Gg. Aut sehingga volume lalu lintas yang terjadi dapat ditampung oleh kapasitas jalan yang telah direncanakan sehingga kelancaran berlalu lintaspun dapat tercapai dan dalam jangka panjang penggunaan publik transportasi yang bersistem lebih baik.
B53 901 2019 | 080 SAR p 2019 | Rak Skripsi (11 A) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain