Text
Pengaruh Peningkatan Lalu Lintas Trailer Dengan Tekanan Gandar Maksimum Berdasarkan Spesifikasi Bina Marga Terhadap Konstruksi Perkerasan Jalan (Studi Kasus: Pada Ruas Jalan Tanjung Priok-Cilincing)
Perkerasan lentur yang digunakan di Indonesia direncanakan berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan oleh Dit. Jend. Bina Marga Metode Analisis Komponen SKBI-23.26.1987 UDC 625.73(02). Perkerasan tersebut dibuat untuk batas tekanan/beban gandar tertentu yang salah satunya adalah 12 ton bagi jalan kelas 1. Seiring dengan perubahan perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, terjadi peningkatan terhadap arus lalu lintas trailer pengangkut peti kemas yang beroperasi pada ruas-ruas jalan, yang menghubungkan antara sentra produksi dengan terminal penimbunan peti kemas di pelabuhan-pelabuhan.
Jaringan-jaringan jalan khususnya di Pulau Jawa telah dilalui oleh lalu lintas trailer peti kemas dengan karakteristik beban yang semakin meningkat. Pembangunan jaringan jalan yang telah dilaksanakan mencatat masih terdapat. sekitar 221 km jalan yang belum memenuhi persyaratan sebagai jalur lalu lintas peti kemas. Melihat terdapatnya kerusakan-kerusakan prematur yang memprihatinkan terhadap jalan-jalan yang merupakan jalur lalu lintas peti kemas, menimbulkan argumen bahwa memungkinkan kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh beban yang diangkut oleh trailer peti kemas telah melebihi batas tekanan gandar maksimum yang ditetapkan oleh Bina Marga
Penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang terjadi akibat beban lalu lintas trailer yang berhubungan dengan tekanan gandar maksimum dan perkerasan yang digunakan. Pada akhir tulisan ini akan disajikan rencana indeks tebal perkerasan, dimana dalam perencanaannya beban trailer sudah diperhitungkan.
Hasil akhir yang didapatkan dari studi kasus pada ruas jalan Tanjung Priok Cilincing menunjukkan bahwa konstruksi perkerasan yang digunakan sudah disesuaikan dengan beban muatan terberat dari lalu lintas yang mungkin lewat, yaitu trailer. Beban yang diangkut trailer pengangkut peti kemas tidak ada yang melebihi ketentuan pembatasan tekanan gandar maksimum yang diperkenankan pada ruas jalan Tanjung Priok Cilincing
B53 896 2003 | 080 RAD p 2003 | Rak Skripsi (11 A) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain