PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengaruh Peningkatan Lalu Lintas Trailer Dengan Tekanan Gandar Maksimum Berdasarkan Spesifikasi Bina Marga Terhadap Konstruksi Perkerasan Jalan (Studi Kasus: Pada Ruas Jalan Tanjung Priok-Cilincing)

R. Ade Nur Rachmat/ 053198012 - Nama Orang;

Perkerasan lentur yang digunakan di Indonesia direncanakan berdasarkan spesifikasi yang dikeluarkan oleh Dit. Jend. Bina Marga Metode Analisis Komponen SKBI-23.26.1987 UDC 625.73(02). Perkerasan tersebut dibuat untuk batas tekanan/beban gandar tertentu yang salah satunya adalah 12 ton bagi jalan kelas 1. Seiring dengan perubahan perekonomian Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, terjadi peningkatan terhadap arus lalu lintas trailer pengangkut peti kemas yang beroperasi pada ruas-ruas jalan, yang menghubungkan antara sentra produksi dengan terminal penimbunan peti kemas di pelabuhan-pelabuhan.

Jaringan-jaringan jalan khususnya di Pulau Jawa telah dilalui oleh lalu lintas trailer peti kemas dengan karakteristik beban yang semakin meningkat. Pembangunan jaringan jalan yang telah dilaksanakan mencatat masih terdapat. sekitar 221 km jalan yang belum memenuhi persyaratan sebagai jalur lalu lintas peti kemas. Melihat terdapatnya kerusakan-kerusakan prematur yang memprihatinkan terhadap jalan-jalan yang merupakan jalur lalu lintas peti kemas, menimbulkan argumen bahwa memungkinkan kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh beban yang diangkut oleh trailer peti kemas telah melebihi batas tekanan gandar maksimum yang ditetapkan oleh Bina Marga

Penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang terjadi akibat beban lalu lintas trailer yang berhubungan dengan tekanan gandar maksimum dan perkerasan yang digunakan. Pada akhir tulisan ini akan disajikan rencana indeks tebal perkerasan, dimana dalam perencanaannya beban trailer sudah diperhitungkan.

Hasil akhir yang didapatkan dari studi kasus pada ruas jalan Tanjung Priok Cilincing menunjukkan bahwa konstruksi perkerasan yang digunakan sudah disesuaikan dengan beban muatan terberat dari lalu lintas yang mungkin lewat, yaitu trailer. Beban yang diangkut trailer pengangkut peti kemas tidak ada yang melebihi ketentuan pembatasan tekanan gandar maksimum yang diperkenankan pada ruas jalan Tanjung Priok Cilincing


Ketersediaan
#
Rak Skripsi (11 A) 080 RAD p 2003
B53 896 2003
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
080 RAD p 2003
Penerbit
Bogor : Fakultas Teknik Universitas Pakuan.., 2003
Deskripsi Fisik
xxvi, 93 hlm.; ills.; tabl.; bibl.; lamp.; 30 Cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
080
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Trailer
Peti Kemas
Metode Analisis Komponen SKBI.2.3.26
Gambaran Umum Ruas Jalan Tanjung Priok- Cilincing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Puji Wiranto, Ir., MT/ Arif Mudianto, Ir., MT.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?