Text
Pengaruh Kelebihan Beban Terhadap Umur Rencana Jalan
Kualitas Prasarana transpotasi dalam suatu wilayah ditentukan oleh pelayanan jalan yang dilewati oleh setiap kendaraan, baik itu kendaraan ringan maupun kendaraan berat yang melebihi beban (overload) dari kelas jalan yang sudah ditetapkan. Ruas Jalan Padang Cermin Kedongdong Provinsi Lampung. Merupakan salah satu akses ke daerah Kawasan industri dan Pertenakan, dimana ruas jalan ini banyak di lalui oleh kendaran ringan maupun kendaraan berat, hal itu akan menjadi dampak kerusakan jalan yang lebih cepat dari umur rencana yang sudah ditentukan pada awal rencana.
Tugas Akhir ini, hanya menitik beratkan pada ruas jalan Padang Cermin - Kedongdong Provinsi Lampung, dengan menggunakan metode Bina Marga 1987, untuk menghitung beban berlebih kendaraan berat terhadap umur rencana, dan kendaraan berat yang menyebabkan kerusakan jalan di Cermin Kedongdong ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kendaraan dengan muatan normal dan kendaraan dengan muatan berlebih (overload).
Dari hasil analisis data menggunakan metode Bina Marga 1987, maka didapat Umur Rencana jalan dengan muatan normal berdurasi 9 Tahun, dan Umur Rencana jalan dengan muatan berlebih berdurasi 2,4 Tahun.
Kendaraan berat yang menyebabkan kerusakan jalan pada ruas jalan Cermin Kedongdong Provinsi Lampung yaitu kendaraan berat dengan muatan yang melebihi batas Muatan Sumbu Terberat (MST) jalan Cermin-Kedongdong dengan jenis kendaraan Truk 2 As dengan persentase pengaruhnya sampai >80%.
B53 917 2020 | 080 RIY p 2020 | Rak Skripsi (11 A) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain