Text
Identifikasi Potensi Dan Masalah Lokasi Reklame Billboard Di Jalan Raya Cileungsi - Cariu Kabupaten Bogor
Upaya peningkatan penggalian sumber-sumber pendapatan guna penyelenggaraan kegiatan pemerintah dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten Bogor terus menerus ditingkatkan. Dalam rangka penerapan Undang-Undang no 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah atau Otonomi Daerah, pemerintah kabupaten /kota di seluruh Indonesia memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola sumberdaya yang ada di wilayah masing masing, guna menunjang pelaksanaan pemerintahan dan kesejahtaraan masyarakatnya.
Berdasarkan hal diatas maka salah satu peningkatan penggalian sumber sumber pendapatan daerah dilakukan melalui peningkatan biaya-biaya retribusi dan pajak di sektor jasa, terutama di wilayah yang memiliki sumber daya alam yang terbatas.Kabupaten Bogor memiliki lokasi yang cukup strategis karena berdekatan langsung dengan pusat kegiatan nasional yaitu jakarta serta ditunjang oleh akses jaringan jalan, menyebabkan tingkat komuter (ulang-alik) penduduk cukup tinggi yang mana menjadikan salah satu faktor penyebab meningkatnya kebutuhan pemanfaatan ruang disepanjang jalan-jalan utama meningkat. Salah satunya jalur jalan raya Cileungsi-Cariu sebagai wilyah studi, yang telah banyak di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat, baik secara individu atau kelompok sesui dengan kepentingan masing masing.tetapi pemanfaatan tersebut kurang memperhatikan perencanaan dan pengelolaan lingkungan salah satunya peningkatan promosi/reklame dari berbagai merk kegiatan produksi dan jasa di daerah tersebut,
Keadaan saat ini pemanfaatan ruang sepanjang jalan raya Cileungsi Cariu tidak memperhatikan daya dukung peruntukan lahan dan kelestarian sumberdaya estetika yang ada.
Melihat fakta tersebut maka permasalahan sebagai berikut: Apakah keberadaan reklame di sepanjang jalan raya Cileungsi - Cariu kurang tertata dengan baik, yang sesuai terhadap estetika, keamanan serta kebijakan yang ada th Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang disebutkan di atas maka tujuan studi adalah 1. Mengetahui sebaran reklame billboard. 2. Idetifikasi potensi dan masalah reklame billboard.
Metode analisis yang digunakan untuk menjawab semua tujuan penelitian adalah dengan menggunakan metode analisis spasial dan deskritif berdasarkan analisis analisis spasial menunjukkan sebaran reklame billboard disepanjang jalan raya Cileungsi-Cariu. dan analisis deskritif untuk identifikasi potensi dan masalah reklame billboard berdasarkan aspek nilai estetika, keamanan dan kebijakan yang berlaku Berdasarkan data hasil survey jumlah reklame billboard 82 unit yang meliputi 58 titik sebaran di sepanjang jalan raya Cileungsi-Cariu terbagi dalam lima kecamatan, dari 58 titik sebaran reklame billboard konsentrasi terbanyak berada pada kecamatan Gunung Putri sebanyak 36 titik atau sekitar 43.90 %, hal ini mengambarkan sebaran reklame di Jalan Raya Cileungsi-Cariu tidak merata sehingga masih banyak lokasi yang belum dimanfaatkan untuk sebaran reklame billboard.
B52 851 2008 | 080 HIK 1 2008 | Rak Skripsi (10 B) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain