Text
Penelitian Penyebab Telepon Tidur Pada kelompok Pelanggan Residensial Di STO Liwa
PT TELKOM sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan jasa telekomunikasi. Sebagaimana perusahaan yang lain, mempunyai tujuan yang ingin dicapai, di mana salah satu tujuan tersebut adalah mencari keuntungan dari hasil usahanya.
Telepon sebagai salah satu jasa yang dikelola PT TELKOM mempunyai sumbangan yang besar dalam perolehan negara, sehingga wajar apabila perusahaan menginginkan sarana telepon yang ada mempunyai produktifitas yang tinggi Yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan jasa telekomunikasi yang terus meningkat
Dari kenyataan yang ada tidaklah sesuai dengan yang diharapkan, sebagaimana data terakhir menunjukkan bahwa 41,04 % dari 826, dari jumlah pelanggan pada STO Liwa yang mana mempunyai 322 pelanggan yang rata-rata: pemakaiannya dibawah 200 pulsa perbulan, yang dalam hal ini dapat dikategorikan sebagai telepon tidur.
Kajian ini dilakukan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab telepon tidak/kurang produktif atau tidur, dengan cara penyebaran quisioner kepada pelanggan kelompok residensial yang selama 6 bulan berturut-turut pemakaian pulsanya sampai dengan 200 pulsa.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penyebab telepon tidur tersebut yang dominan adalah faktor pendidikan dan faktor prilaku pelanggan dalam menggunakan telepon yang mereka miliki, yang dalam hal ini adalah tingkat kebutuhan pelanggan terhadap jasa telepon serta kualitas pelanggan yang berkaitan dengan daya beli pelanggan yang relatif rendah.
Dengan memperhatikan hal yang dominan penyebab telepon tidur tersebut adalah faktor pelanggan atau faktor yang di luar perusahaan tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan Maka alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui faktor yang masih dapat dikontrol oleh perusahaan, yaitu melalui penetapan pulsa minimal
Dengan adanya tarif pulsa minimal ini disamping dapat meningkatkan produktifitas pemakaian telepon yang sudah ada, juga dapat sebagai filter atau mekanisme seleksi terhadap calon pelanggan
B54 457 2000 | 080 FER p 2000 | Rak Skripsi (8 E) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain